Tips Memaksimalkan Manfaat Olahraga Lari dan Mencegah Resiko Cidera

Sebagaimana yang diketahui bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin, tak perlu berat, asalkan dilakukan secara rutin atau disiplin tentunya akan memberikan efek yang nyata untuk tubuh Anda. Salah satu contoh jenis olahraga sederhana yang kaya akan manfaat adalah olahraga lari. Tidak sulit untuk dilakukan bahkan tentunya semua orang bisa melakukan olahraga yang satu ini, namun untuk mencari rutinitasnya yang agak sulit.

Kebanyakan diantara Anda sendiri mungkin hanya meluangkan waktu di kala akhir pekan atau weekend saja untuk bisa melakukan olahraga ini. Karena memang terkendala oleh waktu kerja dan sebagainya, padahal sebenarnya sekarang lari bisa dilakukan secara lebih praktis bahkan di dalam rumah setiap waktu diantaranya adalah dengan mengandalkan sebuah alat yang dikenal sebagai treadmill. Alat yang satu ini nantinya akan membantu Anda untuk bisa olahraga lari setiap hari tanpa harus keluar dari rumah. Pastinya lebih praktis dilakukan dan juga nyaman untuk menjaga privacy.

Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa kenyataannya beberapa orang kurang senang olahraga dalam kondisi tertutup, mereka ingin melakukan olahraga di ruang terbuka, sekalian mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi dan juga udara lebih sejuk. Untuk memaksimalkan olahraga jogging ini, maka ketahui juga beberapa tipsnya berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Gunakan running shoes, salah satu jenis cidera yang paling sering terjadi pada saat olahraga yang satu ini tak lain adalah keseleo, penyebabnya begitu banyak, diantaranya adalah sepatu yang digunakan tidak memiliki daya cengkram yang baik, sehingga menyebabkan Anda mudah terpeleset pada area yang licin. Untuk itu hanya gunakan jenis running shoes, sepatu yang khusus dibuat untuk menunjang kebutuhan berlari.
  2. Lakukan pemanasan terlebih dahulu, jangan langsung berlari karena belum tentu otot-otot tubuh Anda siap dengan hal tersebut, akan lebih aman jika Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu pada tubuh, fungsi dari kegiatan pemanasan ini adalah untuk membuat aliran darah lebih lancar, membuat otot-otot lebih kendor dan juga mencegah terjadinya resiko cidera, setelah berlari pastikan juga untuk melakukan pendinginan.
  3. Terapkan posisi tubuh dengan benar ketika akan jogging, posisi tubuh ini sangat mempengaruhi manfaat yang didapatkan saat melakukan olahraga tersebut. Apalagi bagi Anda yang akan lari di atas treadmill, hal ini mempengaruhi resiko cidera jika tidak dilakukan dengan benar.
  4. Kecepatan lari harus konsisten, kecuali untuk jenis-jenis cabang atletik tertentu layaknya lompat jauh, maka kecepatan yang digunakan adalah berkala mulai dari yang paling pelan sampai dengan berangsur menjadi lebih cepat, agar mendapatkan hasil lompatan maksimal.
  5. Pastikan untuk minum sebelum dan juga selama melakukan jogging tersebut, bagaimanapun olahraga semacam ini nantinya akan membuat tubuh Anda lebih cepat berkeringat, banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh, sehingga membuat resiko dehidrasi jadi semakin tinggi, salah satu cara menyiasatinya adalah mencukupi asupan air, baik sebelum, selama dan juga setelah lari. Namun pastikan hanya minum air putih biasa, bukan jenis minuman bersoda apalagi yang memiliki rasa untuk menyehatkan tubuh.

Olahraga lari jika dilakukan secara teratur akan memberikan manfaat yang sangat menakjubkan untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan samurai dengan membentuk postur tubuh menjadi lebih baik, sisakan setidaknya 30 menit waktu Anda untuk olahraga ini.