Seberapa Perlu Asuransi Pendidikan bagi Anak?

Pendidikan saat ini merupakan hal penting untuk memastikan masa depan anak. Banyak orang tua—umumnya pasangan muda—belum sadar bahwa perencanaan pendidikan sejak dini sangatlah penting. Asuransi pendidikan salah satu cara merencanakan pendidikan anak. mengapa asuransi pendidikan dan seberapa perlu asuransi pendidikan? Berikut pembahasannya.

Apa Itu Asuransi Pendidikan?

Asuransi pendidikan adalah bagian dari produk asuransi unit link, dimana merupakan asuransi dengan dua manfaat, yaitu manfaat proteksi dan investasi. Asuransi pendidikan merupakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan penyedia asuransi. Penyelenggaraan asuransi dan perusahaan penyedia asuransi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Perlu dipahami bahwa asuransi bukanlah produk dari perusahaan perbankan. Meskipun banyak perbankan yang menawarkan asuransi pendidikan, hal tersebut semata-mata bank bertindak sebagai penjual unit link. Artinya segala urusan murni antara perusahaan penyedia asuransi dengan nasabah.

Asuransi Pendidikan bekerja dengan cara menghimpun dana dari nasabah dan memanfaatkan saldo tabungan Anda sebagai jaminan atas pendidikan anak dimasa mendatang. Jadi, ketika anak Anda memasuki jenjang pendidikan baru—SD, SMP, SMA dan perguruan  tinggi—Anda akan mendapatkan sejumlah dana sesuai dengan kesepakatan saat membeli asuransi.

Mengapa Asuransi Pendidikan Menjadi Penting?

Tahukah Anda bahwa biaya pendidikan naik setiap tahunnya? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tiap tahunnya biaya pendidikan mengalami peningkatan sekitar 10%. Biaya masuk perguruan tinggi lebih besar lagi kenaikannya, yaitu sekitar 50% hingga 100% tiap tahunnya.

Meskipun sudah ada dana bantuan dari pemerintah, kenaikan ini tetap saja memberatkan jika tidak direncanakan sejak dini. Asuransi Pendidikan membantu Anda menyiapkan dana pendidikan anak di masa mendatang,  dengan begitu kesempatan anak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik dimasa depan pun semakin terbuka lebar.

Kapan Harus Membeli Asuransi Pendidikan?

Fungsi utama asuransi pendidikan adalah perlindungan. Jadi, semakin dini membeli asuransi pendidikan maka akan semakin baik. Penyedia asuransi umumnya membolehkan untuk membeli asuransi saat anak baru lahir. Sedangkan untuk usia maksimalnya bergantung dengan kebijakan perusahaan penyedia asuransi.

Umumnya batas umur maksimal anak adalah 12 hingga 15 tahun dan untuk tertanggung atau orang tua maksimal 60 tahun. Usia orang tua dan anak ketika membeli asuransi akan berimplikasi pada jumlah premi. Semakin dini Anda memulai maka premi yang akan Anda bayarkan tiap bulan atau tahunnya akan semakin rendah, begitupun sebaliknya.

Berapa Premi yang Harus Saya Bayar?

Besaran premi yang harus Anda bayarkan ditentukan berdasarkan berbagai faktor sesuai kebijakan penyedia asuransi. Umumnya faktor utama yang mempengaruhi jumlah premi asuransi pendidikan adalah jenjang pendidikan yang akan ditempuh, dimana anak akan melaksanakan pendidikannya dan usia anak ketika membeli premi.

Selain itu ada pula berbagai faktor sampingan yang turut mempengaruhi, seperti usia orang tua, kesehatan orang tua dan besaran pendapatan perbulan. Umumnya pihak asuransi akan memberikan beberapa opsi premi yang bisa Anda pilih dengan dana pertanggungan yang berbeda-beda pula.

Apa Manfaat Asuransi Pendidikan?

Ketika ingin membeli sesuatu pastinya manfaat, selalu menjadi hal utama yang menjadi pertimbangan. Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan membeli asuransi pendidikan, antara lain sebagai berikut.

  1. Menjamin Pendidikan Anak

Manfaat utama asuransi pendidikan tentunya adalah menjamin keberlangsungan pendidikan anak di masa depan berjalan lancar apapun yang terjadi pada pemilik polis atau orang tua. Misalnya ketika orang tua terkena musibah—meninggal dunia misalnya—maka  Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pendidikan anak di masa depan.

Tidak  hanya jaminan berupa uang pendidikan, ketika terjadi musibah pada orang tua beberapa asuransi akan memberikan juga bantuan untuk membiayai sekolah hingga selesai tanpa harus meneruskan pembayaran premi. Jika hanya mengAndalkan tabungan pendidikan, ketika terjadi hal-hal seperti ini biaya pendidikan anak pastinya akan terhambat.

  1. Sebagai Bentuk Perencanaan Pendidikan

Ketika membeli produk asuransi pendidikan untuk anak, itu artinya Anda telah melakukan perencanaan pendidikan anak. Produk asuransi cukup fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda sebagai nasabah. Anda bisa menentukan jenjang pendidikan apa, dimana pendidikan akan diambil dan biaya pendidikan anak.

Perencanaan inilah yang nantinya akan menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan penyedia asuransi untuk menentukan besaran premi yang akan Anda bayarkan tiap bulan atau tahunnya. Oleh sebab itu pembelian asuransi berarti memulai melakukan perencanaan pendidikan anak di masa depan.

  1. Memberikan Rasa Tenang

Tujuan untuk memiliki asuransi pendidikan untuk masa depan anak adalah memberikan ketenangan, terutama pada orang tua. Pasalnya asuransi bisa memproteksi dari kemungkinan yang berpotensi menghambat biaya pendidikan. Oleh sebab itu kepemilikan asuransi akan memberikan orang tua rasa tenang dan nyaman dalam menyongsong masa depan.

  1. Sarana Investasi

Kelebihan lain yang hanya bisa Anda dapatkan dengan membeli asuransi adalah Anda bisa menggunakannya sebagai sarana investasi. Nilai uang yang selalu mengalami ketidakstabilan serta semakin meningkatnya biaya hidup tiap tahunnya, sehingga Anda tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan bulanan saja untuk biaya pendidikan.

Di sisi lain Anda juga tidak selamanya bisa bekerja secara produktif dan mendapatkan penghasilan yang konstan. Oleh sebab itu asuransi pendidikan menjadi penting sebagai investasi di masa depan. Meskipun tidak sebesar investasi murni, asuransi memiliki berbagai keuntungan yang ada pada investasi di masa mendatang.

  1. Pengaturan Keuangan Lebih Baik

Membeli asuransi juga bisa membantu Anda mengatur keuangan dengan lebih baik. Pasalnya ketika membeli asuransi Anda harus mengalokasikan sejumlah dana, dengan begitu uang yang Anda keluarkan menjadi lebih terarah dan tepat sasaran.

Secara tidak langsung hal tersebut membantu Anda menyisihkan dana untuk keperluan yang memiliki skala prioritas lebih tinggi, dalam hal ini pendidikan. Selain itu, dana pendidikan anak juga akan tersimpan dengan baik dan tidak akan digunakan untuk kebutuhan lain. Bagi keuangan secara keseluruhan pun sangat bermanfaat, karena tidak ada uang yang hilang entah kemana.

  1. Asuransi Pendidikan Tidak Hanya Proteksi Pendidikan

Asuransi pendidikan tidak hanya berguna untuk menjamin pendidikan anak dimasa depan, tapi juga memiliki manfaat lain. Dewasa ini banyak penyedia asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan yang dilengkapi berbagai asuransi lain, mulai dari term life dan kesehatan.  Hal ini memungkinkan ketika orang tua sakit mendapatkan biaya rumah sakit akan ditanggung.

Tidak hanya orang tua saja, ketika anak sakit biaya pengobatannya pun turut ditanggung oleh penyedia asuransi. Selain itu ketika anak meninggal dunia orang tua berhak mendapatkan uang santunan. Hal-hal ini tentunya tidak akan Anda dapatkan jika hanya menabung.

Nah, Sekarang sudah pahamkan betapa pentingnya asuransi pendidikan bagi masa depan anak. Berbagai manfaat asuransi pendidikan bisa Anda dapatkan dengan membeli Sequis EduPlan. Anda hanya perlu membayar premi mulai dari Rp89.000/hari selama 8 tahun untuk menikmati asuransi selama 18 tahun. Informasi lebih lanjut tentang Sequis EduPlan lihat di Sequis.co.id.