Perhatikan Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop 8GB dari yang Kecil

Selain prosesor, komponen lain pada laptop yang sangat penting adalah RAM. RAM memiliki fungsi untuk mempercepat kinerka laptop. Masalahnya, dengan semakin banyaknya software yang berkembang, kebanyakan orang akan melakukan updgrade RAM. Mereka memilih Ram laptop 8gb untuk penuhi kebutuhan. Sebelum updgrade, perhatikan ini dulu!

  1. Kebutuhan Upgrade

Sebelum Anda melakukan upgrade, baiknya Anda ketahui dulu kebutuhan Anda. Jangan hanya tertarik untuk mendapatkan kecepatan laptop yang tinggi saja sehingga memutuskan untuk upgrade. Kebutuhan yang dimaksud di sini adalah kebiasaan Anda dalam menggunakan laptop.

Bila Anda menggunakan laptop untuk kebutuhan sehari-hari seperti pengetikan saja, rasanya tak perlu melakukan upgrade. Namun, bila Anda bekerja di bidang yang membutuhkan laptop berkecepatan tinggi seperti untuk edit video atau main game, baru perlu.

  1. Perhatikan Jenis Prosesornya

Setiap prosesor memiliki arsitektur yang berbeda. Oleh sebab itu kriteria support-nya juga berbeda-beda. Hal pertama yang harus Anda perhatikan dari prosesor yang RAM-nya ingin upgrade adalah ukuran maksimal memorinya yang menunjukkan batas maksimal RAM yang dapat dibaca oleh sebuah prosesor.

Semisal batas maksimalnya adalah 16 GB, maka RAM-nya tak boleh upgrade lebih dari itu. Selain itu, lihat juga tipe memorinya. Maksudnya adalah tipe slot yang digunakan dan kecepatannya. Misalnya bila RAM Anda berjenis SO-DIMM DDR3 4Gb PC-10666. Anda harus menyesuaikan dengan jenis ini untuk melakukan upgrade.

SO-DIMM adalah jenis prosesor yang biasa digunakan untuk laptop dan tak bisa Anda masukkan RAM jenis DIMM kalau jenisnya adalah ini. Sedangkan DDR3 yang ada di keterangannya menunjukkan jenis slot. Jadi, Anda juga tak bisa memasukkan RAM dengan jenis slot yang lain. Perhatikan juga memori channel-nya.

Maksud memori channel ini adalah support channel prosesor tersebut dalam membaca memori. Support channel ini ada yang single, double, dan triple. Bila laptop hanya bisa membaca jenis channel single, maka Anda tak bisa memasukkan jenis channel double apalagi triple.

  1. Sistem Operasi

Hal lain yang patut Anda perhatikan saat ingin upgrade Ram laptop 8gb atau lebih adalah sistem operasi yang digunakan. Perhatikan berapa bit sistem operasi Anda. Apakah yang 32 atau 64 bit. Windows ataupun Linux memiliki limit yang berbeda-beda. Perbedaan mendasar yang bisa Anda lihat ada di jumlah bitnya atau kapasitas register yang bisa ditangani.

Sebagai contoh, bila sistem operasi Anda memiliki arsitektur 32 bit, maka batas limitnya hanya 4 GB saja. Bila Anda memasang RAM dengan limit di atas 4 GB untuk 32 bit, maka yang akan terbaca hanya 4 GB saja, sisanya tidak. Berbeda dengan arsitektur 64 bit. Dia bisa membaca RAM dengan limit yang sangat besar. Setidaknya, RAM yang bisa dibaca 192 GB.

  1. Masa Garansi

Sebelum Anda melakukan upgrade RAM, Anda harus tahu bahwa masa garansi dari RAM Anda akan hangus secara otomatis. Jadi, jangan sampai hanya karena ingin coba-coba, Anda mempertaruhkan garansi yang cukup berharga ini. Namun, kalau Anda sudah yakin untuk melakukan upgrade dan melegokan masa garansi, itu tak jadi masalah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan upgrade RAM laptop. Memang terdengar menjanjikan bila melakukan upgrade. Laptop Anda bisa bekerja lebih cepat setelah upgrade Ram laptop 8gb atau lebih. Namun, pastikan dulu sesuai. Kalau mau beli RAM dengan kualitas terbaik, Anda bisa beli di Jakmall saja yang kualitasnya terjamin.