Mau Mainan Anak dan Manfaatnya untuk Pertumbuhan

Anak memerlukan stimulasi untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan pemberian mainan anak. Ada banyak sekali jenis permainan yang bisa dipilih. Ini beberapa mainan dan manfaatnya untuk pertumbuhan anak Anda.

  1. Main Sepeda atau Sepak Bola

Anda bisa mengajak anak untuk melakukan permainan ini di usia 4 tahun. Permainan sepeda atau sepak bola tujuannya menstimulasi kemampuan motorik anak. Kedua motorik halus dan kasar di stimulasi sehingga anak mengalami peningkatan kemampuan seiring bertambah usianya.

Selain itu permainan sepeda dan sepak bola dapat membantu pertumbuhan otot anak menjadi lebih kuat. Anak bisa kuat untuk berjalan dan berlari sesuai waktunya. Anda tinggal memilih sepeda yang sesuai dengan usianya dan juga jenis bola yang tepat.

  1. Menyamakan Bentuk dan Warna

Permainan menyamakan bentuk dan warna bisa dilakukan dengan balok, pensil warna, atau menggambar yang wadahnya di papan tulis. Permainan ini memiliki manfaat untuk mengembangkan kognitif anak. Kemampuan logika dan bahasa yang dimiliki anak akan semakin membaik.

Menyamakan bentuk dan warna ini bisa dengan menggunakan mainan balok, mainan bunga, atau mainan gambar yang bisa disesuaikan. Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan mainan ini karena tersedia dalam banyak varian.

  1. Puzzle atau Balok Kayu

Mainan anak yang dapat bermanfaat untuk pertumbuhan adalah puzzle atau balok kayu. Permainan ini akan membantu melatih kemampuan berpikir dan imajinasi yang dimiliki. Anak juga jadi latihan konsentrasi sehingga bisa menyelesaikan masalah yang dimiliki tepat waktu. Proses anak melakukannya pun akan lebih fokus.

Anda bisa mendapatkan permainan puzzle atau pun balok kayu dengan mudah dan aman untuk digunakan.  Permainan puzzle bisa disesuaikan dengan kemampuan anak. Ada banyak variasi yang bisa dipilih dengan harga bervariasi.

  1. Boneka

Buat anak perempuan boneka merupakan permainan yang menarik. Ternyata boneka juga merupakan permainan yang bermanfaat untuk perkembangan anak yaitu untuk melatih kemampuan indera peraba. Anak bisa belajar melakukan beberapa kegiatan dengan menggunakan boneka.

Permainan yang melibatkan indera ini akan membuat anak menjadi lebih peka. Anda bisa memilih boneka yang sesuai dengan kesukaan anak. Ada banyak pilihannya dengan berbagai jenis bahan yang aman untuk dipilih.

  1. Mainan Binatang dan Tumbuhan

Anda juga bisa memberikan anak permainan dengan bentuk binatang dan tumbuhan. Jenis permainan ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Daya ingatnya terlatih untuk mengingat nama binatang dan tumbuhan.

Selain itu anak bisa dilatih menghitung jumlah dari mainan tersebut. Mainan ini pun dapat meningkatkan imajinasi anak menjadi lebih luas karena permainan hewan dan tumbuhan ini bisa dimainkan fleksibel kapan saja.

  1. Plastisin

Plastisin sejenis tanah liat yang berwarna-warni dan aman untuk digunakan bermain. Anda bisa membeli plastisin dengan harga yang terjangkau. Tersedia dengan ukuran yang beragam untuk sekali pembelian. Asyiknya plastisin ini tahan lama dan tidak berisiko rusak.

Hanya saja warnanya bisa berubah jika sering digunakan. Permainan dengan menggunakan plastisin dapat digunakan untuk melatih kreatifitas anak. Otak kanannya akan bekerja untuk menciptakan imajinasi selama bermain

Anda yang akan membeli mainan anak harus melakukan seleksi agar bisa mendapatkan mainan yang memiliki kualitas terbaik. Lihat spesifikasi produk mainan tersebut agar bisa mengetahui bahan yang digunakan dan kelebihannya untuk anak. Jangan Sampai Anda salah memilih mainan. Jika ingin membeli secara online bisa lihat di toko online jakmall.com dengan harga yang murah.